Airbus A350 XWB Spesifikasi Lengkap Pesawat Pabrikan Perancis

iShabri.com Airbus A350 XWB bisa dikatakan pendatang baru di kancah armada pesawat terbang dunia. Walaupun demikian Armada ini banyak diminati dan juga dilirik oleh sejumlah maskapai penerbangan di dunia.

Pesawat ini masuk dalam Kategori Heavy. Juga termasuk dalam pesawat yang memiliki kriteria berbadan lebar layaknya Airbus A330, Boeing 777 dan juga Boeing 787.

Airbus A350 sudah mulai diperkenalkan pada tahun 2004 silam, tak terasa ternyata saat ini sudah dapat menikmati pesawat tersebut, baik sebagai penumpang atau Aviation Geek yang suka memotret pesawat.

Pesawat Airbus A350 yang terbang perdana pada 14 Juni 2013 tersebut telah diproduksi sejumlah 349 unit dan tersebar pada banyak maskapai internasional.

Variasi dan Harga Pesawat Airbus A350 XWB Family

Airbus A350 memiki dua variasi untuk saat ini yaitu A350-900 dan A350-1000, untuk tipe 900 dengan konfigurasi 3 kelas akan dapat memuat 300 sampai 350 kursi penumpang sedangkan untuk tipe 1000 juga dengan 3 kelas bisa menampung lebih kurang 350 sampai 410 kursi.

Airbus A350 XWB Dengan Kapabilitas Tinggi dan Mesin Mumpuni

Airbus A350 XWB adalah keluarga dari maskapai penerbangan jarak jauh yang dikembangkan oleh Airbus.

Desain A350 pertama diusulkan oleh Airbus pada tahun 2004, sebagai tanggapan terhadap Boeing 787 Dreamliner, dan akan menjadi pengembangan A330 dengan sayap komposit dan mesin baru.

Lebih Lanjut Tentang Airbus A350 XWB

Karena dukungan pasar tidak memadai, pada tahun 2006 Airbus beralih ke desain clean-sheet “XWB” (extra Wide Body), yang ditenagai oleh mesin turbofan Rolls-Royce Trent XWB.

Prototipe ini pertama kali terbang pada 14 Juni 2013 dari Toulouse di Prancis. Sertifikasi tipe dari European Aviation Safety Agency (EASA) diperoleh pada September 2014, diikuti dengan sertifikasi dari Federal Aviation Administration (FAA) dua bulan kemudian.

Baca juga:  Inertial Navigation System (INS) Pada Pesawat Terbang Serta Penggunaannya

Airbus mengharapkan pemeliharaan airframe 10% lebih rendah dibandingkan dengan desain A350 asli dan bobot kursi kosong 14% lebih rendah daripada Boeing 777.

Pembekuan desain untuk A350-900 dicapai pada Desember 2008. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Airbus A350 XWB, simak ulasan berikut ini.

Ukuran dan desain Airbus A350 XWB

Dari segi desain, Airbus sepertinya masih menggunakan konsep ikonik mereka. Bagian depan dan body tidak banyak berubah.

Tentu saja, model terbaru dari pesawat ini mengalami beberapa kali revisi agar menyesuaikan dengan kebutuhan dan situasi.

Airbus juga menambahkan desain khusus untuk belakang dan sayap. Karena ukurannya yang besar, pesawat membutuhkan keseimbangan di semua aspek konstruksi.

Material

Airbus menggunakan material komposit dengan mengadopsi kandungan plastik. Bahan ini mampu membuat pesawat memiliki bobot yang cukup ringan jika dibandingkan dengan yang lain.

Selain itu, perusahaan juga menambahkan komposit khusus terutama untuk membentuk material body luar dan dalam. Mereka ingin pesawat ini memiliki durabilitas tinggi.

Mesin dan teknologi

Airbus A350 XWB menerapkan teknologi terbaru yang handal di dunia penerbangan. Perlu anda ketahui, ukuran yang besar membuat dukungan mesin dan teknologi harus setara.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pengembangan mesin bekerjasama dengan Rolls Roys. Airbus juga melakukan adaptasi mandiri terhadap beberapa komponen.

Teknologi untuk pesawat tersebut dapat disaksikan langsung di bagian cockpit. Tempat duduk yang ergonomis serta panel dan instrumen mampu dikenali dengan mudah.

Airbus memastikan bahwa pesawat ini adalah versi besar dari varian yang kecil sehingga teknologi yang dipakai hampir mirip.

Perbedaannya adalah kontrol sedikit lebih luas karena harus mampu menopang fungsi dan kerja pesawat tersebut.

Kemampuan terbang.

Hal menarik lain dari pesawat tersebut adalah kemampuan terbang. Tujuan utama pembuatan pesawat ini adalah transportasi yang mampu menjangkau jarak jauh tanpa mengalami hambatan.

Baca juga:  Penjelasan Profesi Air Traffic Controller (ATC) 2021 Petugas Pengatur Lalu Lintas Udara

Beberapa maskapai membuka jalur penerbangan antar benua. Kebutuhan tersebut dipenuhi dengan kemunculan pesawat berkode Airbus A350 XWB. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kode XWB menunjukkan kapabilitas dan kapasitas sehingga kemampuan terbang sangat mumpuni.

Maskapai

Beberapa maskapai skala internasional menggunakan produk dari Airbus tersebut. Jika anda melakukan perjalanan jarak jauh, kemungkinan pesawat yang dipakai adalah varian tersebut.

Baca juga: Tanya Veronika Asisten Virtual

Tentu saja, perbedaannya mungkin pada tahun rilis. Produksi pertama sekitar tahun 2010 hingga generasi berikutnya sedikit berbeda tetapi masih memakai teknologi yang setara.

Maskapai tersebut sengaja memilih pesawat ini karena sudah teruji kemampuan dan fungsinya dengan baik.

Dari apa yang sudah dijelaskan, anda mengerti mengapa banyak maskapai memilih pesawat Airbus A350 XWB.

Transportasi jarak jauh membutuhkan pesawat yang handal. Selain itu, transportasi tersebut harus mampu membawa penumpang dalam jumlah cukup bahkan lebih banyak agar lebih efisien.

Ihsanush Shabri

Ihsanush Shabri adalah seorang penulis konten dan juga administrator ataupun pemilik daripada website iShabri.com