Apakah Wanita Pendek Bisa Jadi Pramugari? 2 Kemungkinan Ini Jawabannya

iShabri.com Tidak dapat dipungkiri kalau saat ini pramugari menjadi salah satu profesi yang diidamkan banyak wanita, tapi pertanyaannya apakah wanita pendek bisa jadi pramugari?

Berapakah berat badan ideal agar bisa menjadi pramugari? Dan pertanyaan-pertanyaan lainnya.

Tidak usah khawatir, karena dalam pembahasan kali ini, semua pertanyaan ini Anda itu akan dikupas secara tuntas. Jadi pastikan, untuk menyimak ulasan kami sampai akhir!

Apakah wanita pendek bisa jadi pramugari?

Tidak dapat dipungkiri, walaupun ada banyak persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon pramugari, tetapi tetap saja profesi ini menjadi incaran banyak wanita.

Menjawab pertanyaan Anda apakah ketika postur tubuh Anda pendek bisa menjadi pramugari atau tidak? Jawabannya bisa iya, bisa juga tidak.

Mengapa demikian? Pertama, meskipun pendek namun tinggi Anda 158 cm, maka tidak ada masalah, Anda tetap bisa ikut tes untuk menjadi pramugari, karena tinggi minimal yang dibutuhkan adalah 158 cm.

Baca juga: Tes Apa Saja Untuk Menjadi Pramugari? Perhatikan 7 Rangkaian Tes Ini

Kedua, jika postur tubuh Anda pendek dan tingginya kurang dari 158 cm, maka dianjurkan untuk mengikuti kelar olahraga dan semacamnya untuk bisa meninggikan tubuh.

Namun perlu diketahui juga, terlalu tinggi pun tidak bisa ikut tes jadi pramugari, karena batas tinggi maksimal yaitu 172 cm.

Jika Anda punya postur tubuh yang tingginya lebih dari 172 cm, diyakini tidak bisa mengikuti tes menjadi pramugari.

Persyaratan ini tidak ada maksud untuk mendiskriminasi Anda atau yang lainnya, tetapi itu semua demi keselamatan diri sendiri dan orang lain, mengingat tingginya risiko pekerjaan yang harus ditanggung sesuai dengan prosedur evakuasi atau keselamatan yang berlaku.

Menjadi pramugari
Pramugari Garuda Indonesia

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa sejatinya untuk bisa jadi pramugari memang ada syarat tinggi minimal dan maksimal yang harus dipenuhi.

Baca juga:  Daftar 4 Pesawat Terbesar di Dunia

Sekali lagi, postur tubuh ini akan sangat membantu kinerja Anda sebagai kru kabin, misalnya membantu meletakkan barang di bagian kompartemen atas dan lain sebagainya.

Sedikit tambahan informasi, di beberapa maskapai luar negeri, biasanya ada test arm each yang ditujukan untuk mengukur jangkauan lengan.

Dengan adanya tes ini, maka sangat memungkinkan adanya toleransi bagian Anda yang tingginya kurang 2 – 3 cm.

Baca juga: Wajib Tahu! Aturan Penumpang Hamil Naik Pesawat

Siapa tahu, meskipun postur tubuh Anda kurang, namun tetap bisa menjangkau target dengan tinggi 210 cm (diperbolehkan jinjit). Sehingga tes ini akan sangat membantu untuk mengetahui seberapa panjang lengan Anda.

Cara Hitung Tinggi dan Berat Badan Ideal Pramugari

Tes penampilan menjadi tes tahap awal jika Anda mengikuti seleksi menjadi pramugari. Pada tes ini, para kandidat akan diukur tinggi dan berat badannya.

Dimana tinggi harus proporsional dengan berat badan. Apabila berat badan terlalu berlebih, maka dikhawatirkan bisa menjadi salah satu pengganggu mobilitas Anda dalam kabin pesawat yang sempit.

Lalu pertanyaannya, berapakah berat badan minimal dari seorang calon pramugari? Jawabannya akan sangat bergantung pada tinggi badan yang bersangkutan. Lalu bagaimanakah cara menentukannya? Simak ulasan di bawah ini apakah wanita pendek bisa jadi pramugari?

Cara untuk menghitung berat badan ideal bisa dengan memakai kalkulator BMI (Body Mass Index), dimana cara menghitungnya adalah sebagai berikut:
Rumus menghitung berat badan ideal dengan BMI:
Berat badan ideal = Berat badan (kg) : (Tinggi badan) (m)

Contoh:
Anda memiliki berat badan 50 kg dengan tinggi 1,70 m, maka 50 : (1,70) = 29.4.
Dapat disimpulkan bahwa nilai BMI Anda, skornya 29.4, pertanyaannya lolos apa tidak? Berikut ini keterangan berat badan ideal pramugari:

  1. Angka BMI normal yaitu 18.5 – 25.
  2. Angka BMI di bawah 17 itu artinya termasuk kategori kekurangan berat badan.
  3. Angka BMI di atas 25 itu artinya kategori kelebihan berat badan ringan, sehingga masih dibutuhkan usaha untuk bisa mengurangi berat badan agar mencapai berat badan ideal seorang pramugari.
Baca juga:  Ingin Penerbangan Panjang Tetap Nyaman? Lakukan Hal Berikut Ini!

Keterangan:
Sebagai catatan: biasanya, rumus ini kurang akurat jika diperuntukkan untuk olahragawan atau atlet, karena berat badan berasal dari massa otot. Jadi bisa saja, BMI menunjukkan Anda terlalu gemuk, padahal belum tentu.

Apabila Anda masih bingung menggunakan rumus BMI, maka kita akan menggunakan cara yang lebih sederhana yaitu:

  • Berat badan ideal = Tinggi badan – 110
  • Berat badan ideal (wanita) (kg) = [tinggi badan (cm) – 100] – [(tinggi badan (cm) – 100) x 15%]
  • Dari rumus di atas, apabila tinggi badan Anda 158 cm, maka berat badan ideal Anda yaitu 58 – 8,7 = 49.3 kg

Demikianlah ulasan singkatnya, dan semoga bisa menjawab pertanyaan Anda tentang apakah wanita pendek bisa jadi pramugari? Bagi yang ikut seleksi menjadi pramugari, semoga Anda beruntung!

Ihsanush Shabri

Ihsanush Shabri adalah seorang penulis konten dan juga administrator ataupun pemilik daripada website iShabri.com