Tes Apa Saja Untuk Menjadi Pramugari? Perhatikan 7 Rangkaian Tes Ini

iShabri.com Tertarik jadi Pramugari? Namun masih belum tahu tes apa saja untuk menjadi pramugari? Tenang, tidak perlu khawatir, karena Anda berada di tempat yang tepat. Dalam pembahasan kali ini, kita akan membahas secara tuntas mengenai semua pertanyaan Anda. Jadi, pastikan menyimaknya sampai akhir!

Mengenal Profesi Pramugari

Pramugari sudah menjadi salah satu profesi yang saat ini banyak diimpikan oleh para kaum hawa. Selain karena gaji yang ditawarkan cukup tinggi, kesempatan untuk keliling Indonesia hingga dunia tanpa perlu mengeluarkan biaya sepeser pun menjadi alasan lainnya.

Maka tak heran, jika profesi ini sering kali menjadi rebutan para wanita. Akibat terlalu banyak yang berminat, tak jarang banyak dari mereka yang gagal lolos seleksi dan memudarkan impiannya menjadi pramugari.

Pada saat mendaftar menjadi seorang pramugari, Anda harus lolos pada setiap tahapan tes masuknya. Setidaknya ada beragam tes seleksi pramugari yang harus dilalui di Indonesia.

Setiap tesnya berlaku sistem gugur, sehingga jika satu tahapan saja tidak lolos, maka gugurlah Anda jadi anda perlu mempersiapkan berbagai informasi mengenai tes apa saja untuk menjadi pramugari yang di perlukan.

Tes Apa Saja Untuk Menjadi Pramugari?

Artikel tentang tes apa saja untuk menjadi pramugari akan membahas sedikit informasi agar menjadi salah satu bahan pembelajaran serta pesiapan untuk bisa mendapatkan banyak pramugari yang terpercaya, ramah dan berkualitas, jadi persiapan harus matang.

Baca juga: Jenis Pesawat Garuda Yang Masih Terbang Beroperasi

Setiap wanita yang mendaftar diharuskan lulus pada setiap tahapan seleksi agar bisa menjadi seorang pramugari. Bagi Anda yang berkeinginan besar menjadi pramugari pasti bertanya test apa saja untuk pramugari, maka inilah tujuh tahapan tes seleksi pramugari yang ada di Indonesia, diantaranya yaitu:

Baca juga:  Bandara di Indonesia dengan Runway Terpanjang

Tes penampilan

Pramugari Singapore Airline Photo oleh Siola Pingardi
Pramugari Singapore Airline – Photo oleh Siola P.

Pada tahapan tes ini, calon pramugari diwajibkan untuk tampil menarik dan ramah. Pada tahapan ini, calon pramugari akan dinilai dari segi berat badan, tinggi badan, make up, gaya berkomunikasi, cara berpakaian dan cara berjalan.

Tes psikologi

Tahapan berikutnya yaitu tes psikologi. Selepas Anda lolos seleksi tes penampilan, maka tahapan selanjutnya yaitu tes psikologi.

Pada tes psikologi ini, Anda akan di-tes menggambar, kepribadian dan bakat. Selain itu, ada tambahan tes yaitu tes kemampuan berbahasa Inggris.

Baca juga: Foto Pesawat Rusia Ilyushin Il-76 Mendarat di Aceh

Tahapan tes psikologi sering kali menjadi momok bagi para calon pramugari, karena bisa dibilang cukup sulit.

Tes wawancara

Tes selanjutnya yaitu tes wawancara user. Pada tes ini, Anda biasanya akan ditanyakan perihal pengetahuan Anda mengenai maskapai yang akan dilamar.

Maka dari itu, Anda harus mempersiapkan pengetahuan serta pemahaman terkait maskapai penerbangan yang akan dilamar. Dengan bekal tersebut, Anda akan mampu menjawab pertanyaan dari para user.

Tes wawancara kompetensi

Apabila Anda lolos seleksi wawancara user, maka tes selanjutnya yang harus dilakukan yaitu tes wawancara kompetensi. Nantinya, pada tes ini Anda akan banyak ditanyai mengenai pengalaman pribadi yang dimiliki.

Lewat pengalaman tersebut, user akan lebih tahu bagaimana kemampuan Anda, apakah layak atau tidak menjadi seorang pramugari.

Tes Kesehatan

Lalu berikutnya adalah tes kesehatan. Tahapan tes yang satu ini tetap tidak kalah pentingnya. Mengapa? Karena ketika Anda menjadi seorang pramugari, maka sangat diwajibkan untuk sehat secara jasmani dan rohani.

Sehingga pada tahapan tes kesehatan ini, Anda akan menjalani serangkaian tes mulai dari EGC (untuk jantung), pernapasan, paru-paru, urine, darah, mata, pendengaran, gigi, tulang serta kesehatan secara fisik.

Baca juga:  Wajib Tahu! Aturan Penumpang Hamil Naik Pesawat

Tes background

Tahapan tes selanjutnya adalah background. Pada tahapan ini akan meliputi pengecekan data, dokumen-dokumen pribadi seperti KTP, ijazah, surat keterangan belum menikah, surat izin dari orang tua yang sudah ditandatangani di atas material.

Pada tahapan ini juga, Anda akan ditanyai beberapa pertanyaan terkait NKRI, Pancasila, Undang-undang dan lain sebagainya. Dokumen-dokumen pendukung akan menjadi syarat wajib bagi calon Pramugari, karena untuk memastikan bagaimana latar belakang mereka.

Tes Pantuhir

Tahapan tes yang terakhir adalah tes pantuhir, dimana tes ini akan menjadi tes yang paling menegangkan, karena akan langsung berhadapan dengan jajaran direksi maskapai penerbangan tempat Anda melamar.

Apabila Anda ditemui langsung dan ditanya oleh bosnya, maka pastikan untuk tetap tenang dan sopan dalam menjawab setiap pertanyaan.

Bagi Anda yang penasaran, apakah penjelasan di atas sudah menjawab tes apa saja untuk menjadi pramugari? Jika sudah, maka segeralah persiapkan diri sedini mungkin agar kesempatan untuk lolos semakin terbuka.

Ihsanush Shabri

Ihsanush Shabri adalah seorang penulis konten dan juga administrator ataupun pemilik daripada website iShabri.com

Leave a Comment