Cara Liburan Hemat yang Bikin Kantong Anti-Jebol

iShabri.com Siapa bilang kalau cara liburan hemat itu susah? Tidak ada yang susah untuk yang namanya liburan. Kalau Anda merasa susah, maka simaklah ulasan ini sampai akhir!

5 Cara Liburan Hemat Praktis

Melakukan survei

Banyak orang yang ingin melakukan perjalanan wisata, tetapi begitu sampai bingung mau berbuat apa. Hal semacam itu terjadi karena tidak melakukan survei lebih dulu.

Dengan melakukan survei atau persiapan jauh-jauh hari, maka akan sangat memudahkan Anda untuk mengetahui apakah ada potongan harga atau tidak, baik itu untuk tiket pesawat maupun hotel.

Maka dari itu, pastikan untuk survei dulu di internet atau langsung ke yang sudah berpengalaman.

Membawa uang yang cukup

Untuk liburan hemat, pastikan Anda membawa uang secukupnya saja. Tidak perlu terlalu berlebihan, karena jika berlebihan pasti Anda akhirnya akan banyak menghabiskan uang untuk sesuatu yang belum tentu Anda butuhkan.

Padahal kebutuhan utama Anda adalah liburan bukan menghabiskan uang. Selain itu, pastikan untuk tetap melakukan pencatatan dan berusaha untuk terus menahan diri serta bertanggung jawab pada apa yang telah dibelanjakan.

Sekedar tips, biasanya ketika datang di tempat-tempat baru, Anda selalu tergiur dengan barang-barang yang menjadi ciri khas tempat tersebut, hingga akhirnya tak bisa menahan diri padahal bujet pas-pasan.

Kalau sedang berada dalam situasi seperti itu, coba tanyakan kembali apakah barang yang akan dibeli itu, Anda butuhkan atau tidak sama sekali.

Baca juga:  Prosedur Naik Pesawat bagi Anak Kecil yang Terbang Sendirian / Unaccompanied Minor

Mencari tiket promo

Tips liburan hemat berikutnya adalah carilah tiket pesawat dengan harga promo. Untuk mencari tiket pesawat dengan harga promo memang diperlukan usaha yang lebih ekstra, karena biasanya hal-hal semacam ini biasanya jadi untung-untungan juga.

Namun disarankan, Anda mencarinya di waktu yang tepat. Sebaiknya jangan mencari ketika hari-hari mendekat waktu yang dijadwalkan untuk berlibur, karena harganya pasti cenderung jauh lebih mahal. Carilah h-2 bulan atau paling mentok h-sebulan.

Memilih perjalanan liburan yang nyaman

Memang tidak dapat dipungkiri kalau melakukan perjalanan dengan pesawat akan jauh lebih cepat sampai. Tetapi biaya yang harus dikeluarkan memang cenderung lebih mahal.

Tetapi, jika Anda lebih menikmati perjalanan darat dengan menggunakan mobil dan lebih dinilai menyenangkan, maka tidak ada salahnya untuk melakukannya.

Apalagi di sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhi panorama alam yang indah dan pastinya akan menambah antusias saat liburan. Selain itu, biayanya lebih murah.

Liburan di bukan musim liburan

Biaya perjalanan akan jauh lebih murah pada saat Anda berlibur di waktu bukan musim liburan. Waktu musim liburan biasanya awal atau akhir tahun. Maka sebaiknya, tidak melakukan liburan pada saat itu, karena seluruh harga pasti akan melonjak pesat sehingga tujuan liburan murah tidak akan bisa didapatkan lagi.

Tips Cara Liburan Hemat Sesuai Bujet

Masa liburan adalah masa yang paling ditunggu-tunggu, karena pada saat itu Anda bisa bersantai tanpa harus memikirkan pekerjaan. Lantas, bagaimana caranya liburan hemat dengan bujet yang pas-pasan? Simak tipsnya berikut ini!

• Mencari aktivitas yang gratis

Tips liburan hemat pertama yang sesuai dengan bujet yaitu mencari aktivitas yang gratis. Anda bisa melihat kalender komunitas untuk melihat apa yang sedang terjadi pada saat Anda berada di tempat itu.

Baca juga:  Bagaimana Cara Berburu Tiket Murah yang Tepat? 6 Cara Ini Bisa Dicoba

Museum biasanya memiliki program ‘bayar apa saja’ satu kali dalam satu minggu dan kadang ada potongan di waktu-waktu tertentu.

• Memesan kamar yang ada microwave atau kulkas atau dapur

Tips liburan hemat berikutnya yaitu memesan kamar yang paling tidak menyediakan fasilitas microwave atau kulkas atau dapur sehingga Anda bisa berhemat dengan memasak di kamar atau memanaskan makanan-makanan tersisa yang tidak habis dimakan pada hari sebelumnya.

• Belanja di pasar petani dan toko lokal

Cara melakukan liburan hemat berikutnya yaitu cobalah untuk berbelanja di pasar petani atau toko lokal, karena di situs Anda bisa mendapatkan banyak potongan harga makanan apalagi ketika menjelang akhir tahun.

Tak hanya itu, berbelanja di toko-toko lokal juga akan sangat memungkinkan Anda untuk mencicipi masakan lokal tanpa harus membayar seharga restoran. Anda bisa membeli beberapa ikan lokal dan memasaknya di tempat Anda menginap.

Cara Liburan Hemat
Cara Liburan Hemat yang Bikin Kantong Anti-Jebol

Bagaimana? Cara liburan hemat itu mudah bukan? Tidak susah ‘kan? Tidak ada yang sulit selama mau mencoba mencari tahu. Selama liburan dan menikmati akhir pekan!

Ihsanush Shabri

Ihsanush Shabri adalah seorang penulis konten dan juga administrator ataupun pemilik daripada website iShabri.com

Leave a Comment