Pertama Kali Naik Pesawat, Berikut Tahapan Penting Yang Perlu di Perhatikan

ishabri.com  Tahapan Penting Untuk Anda Yang Baru Pertama Kali Naik Pesawat Pesawat merupakan salah satu pilihan alat transportasi yang mudah dan cukup banyak digunakan oleh masyarakat. Karena bisa lebih cepat untuk ke sebuah tempat tujuan. Bahkan tidak perlu waktu berhari – hari untuk sampai di tempat tujuan.

Dengan harga yang relatif terjangkau, sebagian besar masyarakat saat ini sudah dengan mudah bisa menggunakan pesawat sebagai alat transportasi.

Bepergian dengan moda transportasi udara tentu saja menjadi satu pilihan yang sudah biasa untuk sebaian besar orang. Tetapi untuk sebagian yang lain, dimana belum pernah naik pesawat sebelumnya dan baru pertama kali naik pesawat sendiri tentu saja masih bingung dan khawatir.

Hal tersebut karena belum tahu dan paham akan peraturan serta tata cara naik pesawat. Sehingga sangat penting untuk Anda yang baru pertama kali naik pesawat sendiri, mencari tahu bagaimana cara naik pesawat pertama kali.

Cara untuk naik pesawat pertama kali memang tak hanya saat Anda ada di dalam pesawat saja, namun juga ada beberapa langkah yang perlu untuk Anda ketahui jika baru pertama kali menggunakan pesawat sebagai alat transportasi Anda.

Apa saja langkah yang perlu diperhatikan dan dipahami saat ingin menggunakan pesawat pertama kalinya? Inilah beberapa di antaranya:

Sebelum Keberangkatan Tiba

Memesan tiket, kemudian melihat ketentuan bagasi maskapai dan juga mencari letak terminal bandara menjadi beberapa hal yang perlu Anda persiapkan sebelum menggunakan pesawat. Untuk Anda yang baru pertama kali naik pesawat sendiri, hal – hal tersebut sangat penting. Oleh karena itu berikut adalah penjelasan lengkapnya:

Baca juga:  Pesawat ATR Garuda Indonesia Citilink Stop Terbang Ke Aceh

1.Memesan Tiket Pesawat

Anda dapat langsung memesannya melalui website resmi maskapai penerbangan maupun travel agent yang Anda percaya, baik itu secara offline ataupun online. Namun biasanya membeli tiket secara online akan lebih praktis, sehingga tidak perlu mencetak tiket pesawat yang rentan sobek ataupun hilang.

Baca juga: Berbagai Profesi Menarik Dalam Dunia Penerbangan

Nantinya Anda akan memperoleh e-tiket yang dapat langsung Anda tunjukkan ketika proses check-in. Selain itu persiapkan juga kartu identitas tambahan seperti KTP.

2.Mencari Tahu Ketentuan Berat Bagasi Maskapai

Sangat penting untuk Anda mengetahui berapa berat maksimal dari bagasi maskapai yang Anda gunakan. Karena jika terdapat kelebihan berat dari barang bawaan Anda, nantinya Anda akan dikenakan charge setiap kilogramnya. Oleh karena itu, sebaiknya tidak membawa barang bawaan yang dilarang. Tujuannya adalah agar prosesnya lebih nyaman dan cepat.

3.Tahu Beberapa Benda Yang Dilarang Untuk Dibawa

Ada beberapa benda yang dilarang dibawa, baik itu di kabin ataupun bagasi. Adapun beberapa di antaranya adalah material korosif, misalnya benda yang mengandung merkuri serta alkali. Kemudian bahan peledak seperti detonator dan granat. Benda yang berbahan gas dan mengakibatkan ledakan juga tidak diperbolehkan untuk dibawa.

Beberapa benda tajam serta bahan kimia yang mengandung zat berbahaya juga tidak boleh masuk kabin ataupun bagasi. Alat pelumpuh seperti pistol, alat kejut listrik ataupun yang lainnya sebaiknya tidak dibawa. Yang terpenting adalah tidak membawa beberapa benda yang berbahaya.

4.Letak Terminal di Bandara

Agar ketika hari keberangkatan nantinya tiba dan Anda tidak perlu pusing lagi mencari letak terminal maskapai penerbangan yang Anda gunakan, sebaiknya Anda cari tahu dulu sejak awal. Hal tersebut akan memberikan kemudahan dan efektifitas waktu untuk Anda.

Baca juga:  Tes Apa Saja Untuk Menjadi Pramugari? Perhatikan 7 Rangkaian Tes Ini

Waktu Keberangkatan

Ada beberapa langkah juga yang perlu Anda perhatikan ketika ingin naik pesawat. Tujuannya tentu saja agar Anda lebih nyaman ketika melakukan penerbangan. Inilah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

1.Check In

Proses sat ini dapat Anda lakukan secara manual, dimana dengan melakukan register ke petugas maskapai di bandara, dengan mesin check in yang sudah tersedia ataupun secara online melalui website resmi dari maskapai penerbangan.

Selain itu ada beberapa hal lagi yang perlu Anda perhatikan, seperti datang lebih awal, paling tidak 2 jam sebelum keberangkatan. Kemudian mempersiapkan e-ticket serta kartu identitas untuk proses check in. dan lakukan check in serta pendaftaran bagasi jika ada. Untuk proses check in sendiri, Anda dapat melakukannya secara online melalui website resmi maskapai.

2.Boarding

Masing – masing maskapai penerbangan mempunyai kebijakan waktu boarding yang berbeda. Secara umum, boarding ini dilakukan 30 menit sebelum pesawat lepas landas. Untuk penumpang yang terlambat biasanya tidak akan diizinkan menaiki pesawat. Sehingga pastikan untuk memperhatikan boarding time pada boarding pass yang Anda dapatkan ketika check in.

Nantinya petugas check in akan meberikan boarding pass serta potongan baggage claim untuk Anda yang mendaftarkan bagasi. Pada boarding pass, nantinya Anda akan memperoleh petunjuk gate tempat untuk menunggu. Selain itu juga dapat melihat boarding time, kemudian jam penerbangan, nomor penerbangan dan nomor kursi dalam pesawat.

Petugas nantinya juga akan mengumumkan nomor penerbangan ketika waktu telah tiba. Anda dapat bersiap antre masuk ke dalam pesawat. Ketika di dalam pesawat, barang bawaan Anda dapat diletakan di atas kompartemen yang sudah disediakan.

Pastikan juga untuk memperhatikan instruksi yang diberikan awak kabin, contohnya apa yang dilarang serta instruksi keamanan jika terjadi bahaya. Kemudian Anda dapat duduk dengan tenang sampai nantinya tiba di tempat tujuan.

Baca juga:  Singapore Airlines Akan Kembali Terbang rute New York JFK 9 November

Saat Tiba di Bandara Tujuan

Setelah Anda turun dari pesawat, tentu saja perlu mencari tahu tempat untuk pengambilan bagasi check in. Namun sebelumnya, Anda harus tahu terlebih dulu apa yang harus Anda lakukan ketika tiba di bandara tujuan. Inilah beberapa di antaranya:

Baca juga: Pesawat ATR Garuda Indonesia Citilink Stop Terbang Ke Aceh

1.Tidak perlu terburu – buru untuk turun, Anda bisa tetap rileks serta antre. Setelah nantinya mendarat serta tanda mengenakan sabuk pengaman telah dimatikan, Anda dapat mengambil tas bawaan Anda yang ada di kabin.

2.Jika Anda mempunyai barang yang tadinya dititipkan di bagasi, Anda dapat menuju ke tempat pengambilan bagas. Pastikan untuk mengecek baran bawaan Anda sebelum meninggalkan bandara. Karena ada banyak kasus seperti kerusakan, kehilangan ataupun yang lainnya. Jika terjadi pada Anda, pastikan untuk menghungi bagian Lost and Found.

Jadi itulah beberapa cara naik pesawat untuk Anda yang mungkin baru pertama kalinya. Dengan beberapa informasi tersebut, tentu saja Anda akan mempunyai suatu gambaran, sehingga tidak perlu bingung ataupun takut apa yang harus dilakukan.

Jika Anda membaca dan memahami setiap informasi ataupun petunjuk yang diberikan, tentu saja nantinya akan lebih mudah dan nyaman dalam Anda naik pesawat dan perjalanan nantinya.

Jadi mulai dari sekarang, tak perlu lagi untuk ragu ataupun bingung jika ingin naik pesawat. Jika memang benar – benar takut, Anda bisa mengajak saudara atau teman yang sudah pernah naik pesawat sebelumnya.

Selain itu juga bisa menanyakan berbagai prosedur dan tahapan naik pesawat atau apa saja yang harus dilakukan ke petugas yang sedang bertugas saat itu. Tak perlu khawatir, mereka akan melayani Anda dengan sebaik mungkin nantinya.

 

Ihsans Pages

Leave a Comment