Bandara Dengan Landasan Pacu Terunik di Indonesia

iShabri.com Kalian pasti pernah ke bandara mau itu untuk melakukan perjalanan atau menjemput keluarga, teman atau buat mengambil foto foto pesawat. Dari banyaknya bandara dengan Landasan Pacu Terunik yang ada didunia seperti bandara Svalbard yang berada di kutub utara atau yang lebih terkenal seperti bandara Internasional Princess Juliana yang berada di Simpson Bay, Saint Martin atau juga seperti bandara Juuancho E. Yrausquin di belanda.

Ternyata salah satu dari banyaknya bandara unik itu juga ada di indonesia, perkenalkan, inilah salah satu bandara terunik di indonesia yang terletak di Papua, Indonesia, runway nya tidak seperti kebanyakan bandara, karena itu landasan pacu nya di sebut dengan Air Strip.

Bandar Udara Kiwirok (WAJK)

Bandar udara atau bandara dengan nama lengkap adalah Kiwirok (WAJK) ini terletak di papua, lebih tepatnya di Pelebib, Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

Bandara yang terletak di daerah papua ini sendiri memliki landasan pacu yang tidak lurus, sehingga akan sangat menyulitkan para pilot pesawat untuk melakukan penerbangan atau juga mendarat di bandara ini.

Mereka para bush pilot yang terbang ke rute rute di papua memerlukan keahlian khusus karena medan yang dihadapai sangat berbeda dengan bandara pada umumnya.

Para pilot terbang lebih kepada VFR atau Visual Flight Rules dimana kegiatan penerbangan yang dilakukan oleh para pilot hanya mengandalkan penglihatan mata atau visual.

Bandara ini sendiri juga sempat jadi perbincangan hangat di berbagai berita dan juga didunia penerbangan setelah diposting ke internet karena bentuknya landasan pacunya yang tidak lurus tidak seperti landasan pacu pada umumnya.

Sulitnya mendaratkan atau menerbangkan pesawat di bandara ini juga disebabkan Bandara ini berada pada daerah yang cukup pedalaman dan juga dihimpit pegunungan dengan ketinggian diatas 1500 meter diatas permukaan laut.

Baca juga:  Kumpulan Foto Pesawat Airbus A330 Garuda Indonesia

Juga berada diantara pegunungan tinggi membuat bandara ini cukup menantang bagi para penerbang apalagi jika cuacanya kurang mendukung.

Baca juga: 5 Penyebab Pesawat Delay di Akibatkan oleh Faktor ini

Di bandara ini juga sempat terjadi kecelakaan di karenakan landasan pacu yang tidak lurus ini, juga karena kondisi cuaca ekstrik yang mengakibatkan penerbangan di tunda sampai cuaca ekstrim tersebut sudah kembali normal.

Baca juga: Tanya Veronika Asisten Virtual

Gambar diatas adalah salah satu maskapai penerbangan yang sedang menunggu di lapangan terbang Kiwirok karena cuaca buruk sebelum akhirnya bisa kembali dengan selamat.

Itulah bandara dengan landasan pacu terunik dan berbahaya yang ada di indonesia, sungguh sangat menguji mental anda jika mendarat di bandara ini.

Tetap sehat, tetap postif, Sampai jumpa lagi di postingan postingan selanjutnya.

Ihsanush Shabri

Ihsanush Shabri adalah seorang penulis konten dan juga administrator ataupun pemilik daripada website iShabri.com