Teknologi Mesin Pesawat Terbang Dan Penjelasannya

iShabri.com Pesawat terbang menjadi transportasi untuk jarak jauh. Agar bisa melakukan tugasnya, mesin harus mumpuni. Saat ini, teknologi mesin pesawat terbang sudah semakin maju. Untuk mengetahui apa saja mesin yang dipakai, simak penjelasan berikut ini:

Daftar Mesin Pesawat Terbang

1. Turboprop
Turboprop merupakan mesin turbo dengan propeller. Udara yang masuk dan bahan bakar akan menjadi tenaga yang mampu mendorong badan pesawat.

Fungsi propeller sangat penting di mesin teknologi ini. Seperti yang telah diketahui bersama, dasar dari mesin pesawat terbang adalah dorongan sehingga tenaga dan keluaran harus maksimal.

Setelah mesin sudah mencapai titik tertentu, putaran dan dorongan dari propeller akan berkurang agar seimbang.

Pesawat yang menggunakan mesin ini biasanya memiliki ukuran besar. Mereka juga terbang dengan kecepatan lebih rendah saat sudah di udara.

Keuntungan lain dari teknologi mesin tersebut adalah hemat bahan bakar. Efisiensi bisa dikendalikan selama pilot mampu menjaga kecepatan di level rata-rata.

2. Turbojet
Turbojet merupakan teknologi berikutnya yang juga sering dipakai pesawat. Untuk bergerak, mesin harus menghisap udara dari propeller melakukan tugas tersebut.

Namun, sistem ini diganti dengan kompresi tinggi. Mesin lebih cepat menjalankan fungsi dan akselerasi juga lebih stabil.

Dari cara kerja, turboprop dan turbojet hampir mirip. Keduanya menggunakan teknologi gabungan udara dan bahan bakar sebagai pendorong.

Akan tetapi, versi jet merupakan cara cepat dari propeller.. Mesin tidak perlu menghisap langsung karena fungsi ini sudah digantikan kompresi.

Pesawat berkecepatan tinggi sangat membutuhkan mesin seperti ini karena tujuannya adalah speed dan akselerasi. Istilah jet tersebut sering menjadi nama untuk pesawat yang mampu terbang cepat misalnya jet tempur.

3. Turbofan
Mesin turboprop dipasang fan atau baling-baling sehingga menjadi turbofan. Teknologi ini termasuk yang terbaru karena sedang dikembangkan secara efisien.

Baca juga:  Kumpulan Foto Pesawat Airbus A330 Garuda Indonesia

Udara akan dikompresi dan disalurkan ke bahan bakar dan area mesin. Selanjutnya, mesin mendapatkan dorongan yang stabil dan kondisinya tetap bersih. Mesin seperti ini lebih efisien jika dipakai untuk waktu lama.

4. Ramjet
Anda pernah melihat bagaimana roket diluncurkan. Meskipun tampak seperti turboprop atau jet, mesin yang dipakai adalah ramjet.

Prinsipnya adalah ledakan. Saat bahan bakar meledak, daya dan energi yang tercipta segera disalurkan.

Mesin pesawat terbang cukup mengarahkan hasil reaksi tersebut ke satu arah agar daya dorong lebih besar.

Hasilnya, mesin ini akan mengeluarkan semacam udara tebal ketika meluncur secara vertikal atau horizontal.

Teknologi ini juga berkembang dengan adanya mesin berbahan bakar hidrogen. Ledakan yang ditimbulkan berasal dari hasil hisap udara.

Setelah itu, mesin menerima tambahan dorongan mirip seperti teknologi turboprop. Dengan gabungan sistem tersebut, pesawat bisa mengurangi konsumsi bahan bakar secara efisien tanpa menurunkan kecepatan dan performa.

5. Turboshaft
Mesin turboprop dihilangkan bagian baling-baling. Hasil pembakaran dan energi langsung masuk ke gearbox dan mesin.

Selanjutnya, daya dorong segera muncul yang arahnya vertikal. Ini merupakan sistem mesin untuk pesawat seperti helikopter dan sejenisnya.

Beberapa model terbaru dari mesin ini bisa diatur sedemikian hingga yaitu gabungan turboprop dan turboshaft. Pilot mampu menyesuaikan mesin pesawat terbang tersebut sesuai kebutuhan.

Turboshaft juga diterapkan pada beberapa bidang lain. Misalnya pertambangan dan pengangkutan.

Baca juga: Airbus A350 XWB Spesifikasi Lengkap Pesawat Pabrikan Perancis

Mesin tersebut dapat menarik atau mengangkat alat berat serta memindahkan ke tempat tertentu. Ini merupakan teknologi praktis yang berguna.

Selanjutnya, mesin juga bisa dimodifikasi untuk transportasi lain yang menggunakan konsep helicopter. Tentu saja, implementasi harus sesuai dengan prinsip keamanan.

Baca juga:  5 Penyebab Pesawat Delay di Akibatkan oleh Faktor ini

Baca juga: Tanya Veronika Asisten Virtual

Secara singkat, mesin yang dipakai pesawat akan mendorong lalu badan diarahkan ke atas hingga naik dan terbang.

Selama mesin terus melakukan tenaga dorong tersebut, pilot cukup mengontrol arah lalu sesekali mengurangi intensitas ketika akan menurunkan kecepatan. Posisi mesin tersebut berada di bagian sayap sehingga mampu menjaga keseimbangan antara kanan dan kiri.

Untuk teknologi mesin pesawat terbang, anda menemukan berbagai varian. Masing-masing memiliki keunggulan berbeda. Secara umum, satu konsep mesin seperti turboprop menjadi dasar dari sistem mesin yang lain.

Para ahli berusaha mengembangkan teknologi yang efisien sehingga pesawat bisa terbang dengan aman dan nyaman.

Ihsanush Shabri

Ihsanush Shabri adalah seorang penulis konten dan juga administrator ataupun pemilik daripada website iShabri.com