5 Penyebab Pesawat Delay di Akibatkan oleh Faktor ini

iShabri.com Sering mengalami penerbangan anda yang tertunda atau bahkan dibatalkan keberangkatannya? Banyak faktor yang menyebabkan hal itu dapat terjadi, penasaran kenapa Penyebab Pesawat Delay dapat terjadi? ini dia penjelasannya!

Untuk mempersingkat perjalanan jauh yang akan anda tempuh, pilihan naik pesawat adalah hal yang paling mungkin anda lakukan. Pesawat adalah solusi tepat di jaman era serba modern ini.

Bepergian dengan pesawat juga terkadang menjadi menyebalkan dan menyesalkan, kita harus menunggu pesawat yang kita tumpangi tidak kunjung berangkat.

Bisa dikarenakan pesawat yang kita tumpangi mengalami penundaan jadwal keberangkatan dan tidak jarang pula pesawat yang kita tumpangi membatalkan penerbangan.

Pada artikel kali ini, akan membahas beberapa penyebab tertunda atau dibatalkannya sebuah rute penerbangan pesawat penumpang yang kita tumpangi.

Berikut ini adalah beberapa sebab yang sering terjadi sehingga menyebabkan hal tersebut tidak bisa dihindari, silahkan di baca

Penyebab Pesawat Delay karena Faktor Teknis

Faktor yang mungkin akan menjadi masalah utama yang biasanya terjadi adalah menyangkut dengan faktor teknis yang terjadi pada pesawat itu sendiri, Misalnya pesawat yang akan ditumpangi tiba-tiba rusak.

Pastinya demi keselamatan penumpang, pesawat akan diperbaiki terlebih dahulu atau bisa juga dengan solusi pergantian pesawat dan itu juga memakan waktu.

Pada saat melakukan perbaikan ini tergantung pada tingkat kerusakan juga, kalo kerusakan kecil dan masih bisa ditangani oleh para teknisi, kemungkinan penundaannya bisa sampai kurang lebih berjam jam.

Tetapi kalau kerusakannya sudah terlalu parah, maka harus ganti pesawat. Dalam kasus ini, pihak maskapai harus mempersiapkan lagi pesawat yang kosong.

Baca juga:  15 Maskapai Penerbangan yang Tidak Populer di Indonesia

Kalau sudah dapat pesawat tersebut kemudian di pindahkan ke apron. Misalkan pesawat yang kosong diparkir nya jauh dari apron, akan memakan waktu juga buat pemindahan pesawatnya.

Pesawat yang akan digunakan ini juga harus dibersihkan dan dicek kembali oleh teknisi. Hal inilah yang menyebabkan prosesnya lebih lama dan dapat dipastikan permasalah ini adalah penyebab pesawat delay.

Sebab Cuaca

Penyebab selanjutnya yang menyebabkan tertunda atau dibatalkannya sebuah rencana penerbangan pesawat adalah karena sebab cuaca.

Cuaca buruk seperti hujan deras disertai oleh angin kencang, badai salju, badai pasir, dll adalah hal yang paling sering menjadi alasan kenapa pesawat tidak bisa terbang.

Hal ini pastinya akan menyebabkan tertunda atau dibatalkannya. Apalagi kalau ada bencana alam seperti gunung meletus.

Pasti bandara yang dekat dengan lokasi erupsi bisa membatalkan semua penerbangan karena dianggap sangat tidak aman untuk melakukan aktivitas penerbangan (takeoff dan landing).

Tertunda atau dibatalkannya penerbangan karena cuaca buruk atau aktivitas gunung meletus memang sudah umum terjadi didunia penerbangan.

Faktor Prioritas

Alasan selanjutnya yang menjadi sering menyebabkan tertunda atau dibatalkannya adalah karena faktor Prioritas.

Contoh mudah adalah seperti di bandara Halim Perdanakusuma, bandara ini adalah bandara militer yang melayani penerbangan sipil, pasti ada delay yang disebabkan karena pesawat TNI.

Karena TNI AU yang berkuasa di Bandara Halim Perdana Kusuma, jadi TNI berhak untuk mendapatkan prioritas untuk melakukan penerbangan disana.

Apalagi kalo ada pejabat negara seperti presiden, menteri, jenderal tni dan polri yang akan takeoff dan juga landing, mereka berhak untuk mendapatkan prioritas.

Dikarenakan kondisi diatas juga menyebabkan terjadinya penundaan atau dibatalkannya penerbangan.

Sebab Lalu Lintas udara Terlalu Padat

Faktor penyebab lain yang menyebabkan tertunda atau dibatalkannya penerbangan pesawat adalah karena faktor lalu lintas udara yang sangat padat.

Baca juga:  Kumpulan Foto Pesawat Airbus A330 Garuda Indonesia

Sama seperti di jalanan, pesawat juga bisa terlambat karena lalu lintas udara dan bandara. Kalau di Bandara biasanya adalah antrian di taxiway yang panjang, menunggu giliran untuk takeoff.

Baca juga: Tanya Veronika Asisten Virtual

Kalo diudara biasanya banyak pesawat yang ingin mendarat dari berbagai arah, pastinya ATC atau TOWER akan menyuruh beberapa pesawat untuk holding untuk menjaga jarak antar pesawat yang akan mendarat.

Faktor Maskapai / Kru

Kalau ini dari internalnya sendiri, misalkan proses loading bagasi yang terlambat, pergantian crew mendadak , teknisi yang kurang teliti mengecek pesawat sehingga tiba tiba ada kerusakan.

Itulah beberapa penyebab pesawat delay yang biasanya sering terjadi pada dunia penerbangan sehingga menyebabkan tertunda atau dibatalkannya suatu penerbangan.

Semoga dengan tau informasi ini kita bisa sedikit meredam emosi kita ya, tetap sehat, tetap positif. Sampai jumpa di postingan selanjutnya.

Rencong Dirgantara

Rencong Dirgantara adalah seorang Penulis atau Juga Kontributor Tulisan pada Website iShabri.com