Daftar 4 Pesawat Terbesar di Dunia

iShabri.com Daftar 4 Pesawat Terbesar di Dunia – Ketika Stratolaunch berhasil terbang di Mojave, California pada tahun 2019, pesawat ini berhasil memecah rekor sebagai pesawat terbesar di dunia yang bertahan selama 71 tahun.

Pesawat yang dibuat oleh perusahaan yang didirikan pendiri Microsoft, Paul Allen ini dirancang bukan untuk mengangkut penumpang.

Akan tetapi Stratolaunch dirancang agar bisa melepaskan satelit atau wahana ruang angkasa lainnya ke luar Atmosfer Bumi. Hal itu dilakukan agar bisa menghemat biaya yang dibutuhkan untuk meluncurkan satelit ke antariksa.

Selain, Stratolaunch ada juga Pesawat H-4 Hercules yang memegang rekor sebagai pesawat terbesar di dunia selama 71 tahun. Keduanya juga bukanlah satu-satunya pesawat yang berukuran besar, masih ada lagi beberapa pesawat yang berukuran raksasa lainnya.

Pada artikel ini saya akan menyusun daftar 4 pesawat terbesar di dunia berdasarkan ukuran, berat, lebar sayap dan volumenya.

Berikut adalah daftar 4 pesawat terbesar di dunia

Stratolaunch

Berat: 226,796 Ton
Panjang: 73 meter
Rentang: 117 meter
Penerbangan pertama: 2019

Baca juga: Profesi Menarik Pada Dunia Penerbangan yang Perlu Anda Tahu

Pesawat yang terbang perdana pada tahun 2019 ini mampu terbang hingga ketinggian 4.571 meter dan kecepatan maksimal yang bisa ditempuhnya adalah 274 km/jam.

Bentuk Stratolaunch agak berbeda dengan kebanyakan pesawat pada umumnya, ia terdiri dari dua badan pesawat yang bergabung. Pesawat ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan industri luar angkasa swasta yang sedang berkembang.

Tujuannya adalah untuk meluncurkan berbagai wahana antariksa ke orbit bumi. Pesawat ini dianggap sebagai pesawat terbesar di dunia saat ini, walaupun ada pesawat lainnya yang memiliki bentuk lebih panjang.

Baca juga:  Penataan Kembali Penerbangan di Indonesia, Solusi Pasca Pandemi

Hughes H-4 Hercules

Berat: 113,399 Ton
Panjang: 66,65 meter
Rentang Sayap: 97,54 meter
Penerbangan pertama: 1947

Sebenarnya pesawat ini hanya pernah terbang selama 26 detik (atau sekitar 1,5 km). Penerbangan pertama dan satu-satunya tersebut sudah cukup bagi pesawat ini untuk dianggap sebagai pesawat terbesar di dunia selama 71 tahun. H-4 Hercules merupakan sebuah proyek yang digarap oleh miliader penerbangan kala itu, Howrd Hughes.

Pesawat yang dikembangkan selama Perang Dunia II ini memiliki delapan mesin. Proyek pembuatannya dibuat untuk mengatasi kebutuhan transportasi barang berat dan jarak jauh di kala perang.

Walaupun sempat terbang selama 26 detik, proyek pembuatan pesawat ini dinilai gagal sehingga tidak dilanjutkan. Saat ini satu-satunya prototipe H-4 Hercules berada di Museum Penerbangan & Luar Angkasa Evergreen di McMinnville, Oregon.

Antonov An-225 Mriya

Berat: 285 Ton
Panjang: 84 meter
Lebar Sayap: 88,4 meter
Penerbangan pertama: 1988

Antonov An-225 sebuah pesawat yang memiliki enam mesin dan meruakan pesawat terberat yang pernah dibuat. Ia juga memiliki sayap terlebar dari semua pesawat yang pernah beroperasi.

Pesawat ini dibuat oleh Uni Soviet dan hanya memiliki 1 prototipe saja. Ketika Uni Soviet sedang membuat Antonov An-225 yang kedua, negara itu runtuh sehingga kontruksinya tidak dapat dilanjutkan.

Hingga saat ini pesawat Antonov An-225 masih melakukan penerbangan untuk mengangkut muatan ke seluruh dunia.

Baru-baru ini, ada sebuah kabar tentang ketertarikan negara Cina untuk menghidupkan kembali program pembuatan An-225 ini, tetapi belum jelas apakah akan terjadi dalam waktu dekat atau tidak.

Airbus A380-800

Berat: sekitar 277 ton
Panjang: 72,72 meter
Rentang Sayap: 79,75 meter
Penerbangan pertama: 2005

Pesawat Airbus A380 pabrikan airbus perancis ini dirancang untuk memenuhi banyaknya kebutuhan penerbangan ke seluruh dunia. bagaimana tidak, pesawat ini mampu membaca cuku banyak penumpang kalau konfigurasinya ekonomi semua.

Baca juga:  Aplikasi Tracking Pesawat Flightradar 24 Untuk Dunia Penerbangan

Secara teori pesawat ini mampu mengangkut 850 penumpang, walaupun sebagian besar maskapai lebih memilih untuk menangkut 450-550 penumpang agar tidak terlalu padat, kenapa bisa lebih sedikit dari 800 san karena maskapai memilih untuk menempatkan beberapa kelas bada bagian kursi pesawat.

Baca juga: Prosedur Naik Pesawat bagi Anak Kecil yang Terbang Sendirian

Misalnya menambahkan kelas Bisnis dan Juga First Class sehingga kemampuan untuk mengangkut banyak penumpang dapat berkurang karena kelas kursi itu tadi.

Pesawat ini banyak digunakan Emirates Airlines yang bebasis di Dubai untuk mendukung ambisi maskapai tersebut menjadi yang terbesar di dunia. Sayangnya, penjualan pesawat ini tidak sesuai dari yang diharapkan sehingga kelanjutan proyeknya pun agak diragukan.

Apalagi sekarang di tengah badai Virus Corona yang belum kunjung pulih, banyak maskapai di dunia mulai mem pensiunkan Armada A380 nya, seperti salam satunya Singapore Airline yang mulai menyimpan pesawat ini di Australia.

Maka itulah artikel tentang Daftar 4 Pesawat Terbesar di Dunia yang dapat saya tulis, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Rencong Dirgantara

Rencong Dirgantara adalah seorang Penulis atau Juga Kontributor Tulisan pada Website iShabri.com

Leave a Comment