8 Maskapai yang Beroperasi di Bandara Kualanamu

iShabri.com Bandara Kualanamu merupakan sebuah bandara internasional yang berada di Kabupaten Deli Serdang, sekitar 23 km di timur kota medan.

Ia merupakan bandara terbesar ketiga yang ada di Indonesia. Karena besarnya bandara menjadikan banyak maskapai yang beroperasi di Bandara Kualanamu, baik untuk pernebangan dalam negeri ataupun penerbangan internasional.

Sejarah Bandara Kualanamu

Bandara ini direncanakan akan di bangun pada 1 Agustus 1997 tetapi karena adanya krisis moneter yang menimpa Indonesia menyebabkan pembangunannya terhambat.

Maskapai yang Beroperasi di Bandara Kualanamu
8 Maskapai yang Beroperasi di Bandara Kualanamu

Akibat kecelakaan pesawat Mandala Airlines pada 5 September 2005 yang menyebabkan Gubernur Sumatera Utara saat itu, Tengku Rizal Nurdin menjadi korban menyebabkan pembangunan bandara ini digaungkan kembali.Kecelakaan itu diakibatkan letak bandara lama yang terlalu dekat dengan pemukiman warga.

Pembebasan lahan untuk bandara kualanamu selesai pada 1 November sehingga dimulailah proyek pembangunan ini. Kemudian pada 1 November 2011, 70% pekerjaan pembangunan telah berhasil diselesaikan termasuk jalan raya dan jalur kereta api menuju ke bandara ini.

Pada Juli 2013, penyelesaian proyek ini sudah 95% selesai dan meskipun belum semua fasilitas terselesaikan pada 25 juli 2013 bandara kualanamu telah mulai beroperasi. Setelah beroperasi secara lancar selama hampir 1 tahun lamanya, pada 27 Maret 2014 bandara ini diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia saat itu Bapak Susilo Bambang Yudhoyono.

Fasilitas Bandara

Sebagai bandara Internasional, fasilitas yang disediakan oleh Bandara kualanamu cukup lengkap. Bandara yang luas totalnya sekitar 6,5 hektar ini memiliki fasilitas area komersial seluas 3,5 hektar dan fasilitas kargo seluas 1,3 hektar.

Baca juga:  Aturan dan Panduan Naik Pesawat Di Masa New Normal

Dengan luas yang dimilikinya tersebut, dalam satu tahun bandara ini mampu menampung 8,1 juta penumpang dengan 10.000 perjalanan dari dan ke bandara kualanamu yang dilakukan oleh beberapa maskapai penerbangan.

Bandara ini memiliki landasan pacu sepanjang 3,75 sehingga pesawat berukuran besar seperti Boeing 777 dapat beroperasi disini. Ia juga menjadi bandara keempat di Indonesia yang dapat didarati oleh pesawat Airbus A380.

Maskapai yang Beroperasi di Bandara Kualanamu

Saat ini ada beberapa maskapai yang beroperasi di Bandara Kualanamu, diantaranya adalah sebagai berikut :

Air Asia

Maskapai ini mempunyai 2 rute penerbangan Internasional yaitu menuju Kuala Lumpur dan Penang.

Batik Air

Maskapai ini memiliki 2 penerbangan domestik menuju Bandara Halim Perdanakusuma dan Soekarno Hatta di Jakarta. Selain itu, Batik air juga mempunyai rute penerbangan internasional ke Chennai (India), Kuala Lumpur (Malaysia) dan Madinah (Arab).

Cathay Dragon

Maskapai ini mempunyai 1 rute perjalanan dari Bandara Kualanamu yaitu menuju Hong Kong.

Citilink

Maskapai ini memiliki 9 penerbangan domestik menuju Banda Aceh, Bandar Lampung, Batam, Gunung Sitoli, Jakarta, Padang Sidempuan, Pekanbaru, Subang, Sibolga dan Yogyakarta. Selain melakukan penerbangan domestik, Citilink juga melakukan penerbangan Internasional ke Penang, Madinah, Jeddah dan Kuala Lumpur.

Flynas

Maskapai ini memiliki penerbangan ke Jeddah.

Garuda Indonesia

Maskapai ini melakukan penerbangan dari Bandara Kualanamu menuju ke Amsterdam, Banda Aceh, Bandar Lampung, Gunung Sitoli,Jakarta, Londong, Palembang dan Chopin

Air Asia Indonesia

Ada 4 penerbangan internasional yang dilakukan Air Asia yaitu ke Bangkok, Kuala Lumpur, Penang dan Phuket serta 1 penerbangan Domestik ke Yogyakarta.

Sriwijaya Air

Maskapai ini melakukan penerbangan ke Batam, Jakarta, Padang dan Surabaya.

Wings Air : Maskapai ini memiliki 11 rute perjalanan domestik menuju Meulaboh, Padang Sidempuan, Sibolga, Silangit, Bengkulu, Dumai, Gunungsitoli, Jambi, Lhokseumawe, Simeulue dan Takengon.

Baca juga:  Layanan Penerbangan Komersial di Indonesia Sudah Mulai Dibuka

Itulah beberapa maskapai yang melakukan penerbangan dari dan menuju Bandara Kualanamu dengan berbagai rute tujuannya.

Ihsanush Shabri

Ihsanush Shabri adalah seorang penulis konten dan juga administrator ataupun pemilik daripada website iShabri.com

Leave a Comment