Aplikasi Tracking Pesawat Flightradar 24 Untuk Dunia Penerbangan

iShabri.com Aplikasi Tracking Pesawat Kita pasti akan khawatir jika jadwal penerbangan teman atau saudara kita mengalami keterlambatan dan anda kesulitan untuk mendapatkan kabar darinya. Apalagi jika kita mengingat bahwa ada beberapa penerbangan yang mengalami kecelakaan, semoga penerbangan tetap aman.

Hal ini tentu akan membuat diri kita semakin gelisah apabila kita tidak mendapatkan sebuah informasi terkini mengenai status penerbangan yang ditumpangi kerabat kita tersebut.

Tapi tenang saat ini anda bisa mengecek status penerbangan secara akurat melalui ponsel anda, dimana tersedia cukup banyak aplikasi untuk mengetahui status penerbangan secara realtime saat ini.

Baca juga: Geliat Penerbangan Domestik Selama dan Pasca Pandemi

Seiring dengan berkembangnya Teknologi dan SDM yang handal sehingga mampu menghasilkan sejumlah aplikasi bagus yang dapat membantu kita dalam kehidupan sehari hari.

Salah satu aplikasi tracking pesawat untuk mengecek status penerbangan secara realtime yang bisa anda lakukan adalah melalui aplikasi Flightradar24, aplikasi ini mampu memberikan informasi Penerbangan mulai dari bandara keberangkatan sampai kedatangan.

Flightradar24 merupakan sebuah aplikasi gratis yang bekerja sama dengan sebagian besar maskapai penerbangan yang ada di dunia untuk memberikan informasi yang bisa diakses oleh fr24.

Dengan menggunakan aplikasi ini anda bisa mengecek keberadaan sebuah pesawat di udara secara langsung pergerakannya, bahkan terdapat beberapa fitur seperti live 3D aircraft yang sedang terbang.

Di aplikasi tracking pesawat ini anda bisa melihat posisi pesawat yang sedang terbang secara real time sehingga anda tidak perlu panik begitu penerbangan kerabat anda mengalami keterlambatan, siapa tau penyebabnya dikarenakan jadwal takeoff nya yang terlambat.

Cara Kerja Aplikasi Tracking Pesawat Flightradar24

Aplikasi Tracking Pesawat
Foto Pesawat Airbus A330 Garuda Indonesia

Aplikasi tracking pesawat untuk mengecek status penerbangan ini bekerja dengan cara menerima data yang dikirim transponder di pesawat terbang namanya ADSB atau Automatic Dependent Surveillance- Broadcast.

Baca juga:  Geliat Penerbangan Domestik Selama dan Pasca Pandemi

Baca juga: Layanan Penerbangan Komersial di Indonesia Sudah Mulai Dibuka

Transponder akan mentransmisikan data posisi dan ketinggian pesawat ke menara pengawas penerbangan.

Transponder secara konstan akan mengirim sinyal ke menara pengawas, sehingga membantu menara pengawas untuk menentukan kecepatan dan arah terbang sebuah pesawat agar tidak terjadi tabrakan.

Data yang diterima menara pengawas pesawat inilah yang akan ditampilkan oleh Flightradar24 di aplikasinya.

Di negara-negara yang miskin atau berkembang, khususnya untuk pesawat berukuran kecil masih ada pesawat yang belum dilengkapi dengan transponder.

Untuk pesawat yang belum dilengkapi transponder ini, Flightradar24 akan menghitung posisi pesawat berdasarkan waktu take off dan lama perjalanan yang dibutuhkan untuk sampai di tujuan.

Dengan perhitungan ini maka posisi sebuah pesawat terbang dapat diperkirakan secara real time. Jika menurut perhitungan seharusnya sebuah pesawat sudah sampai ke tujuan tetapi kenyataannya belum, Flightradar24 akan mencari informasi terbaru mengenai masalah yang dialami pesawat tersebut dengan cara menghubungi menara pengawas di bandara tujuan.

Cara Mengecek Status Penerbangan Dengan Flightradar24

Cara mengecek status penerbangan dengan flightradar24 sangatlah mudah. Aplikasi ini dapat anda download di google playstore ataupun apple store yang ada di ponsel anda.

Di dalam aplikasi ini akan menampilkan peta yang berisi berbagai rute pesawat yang sedang terbang. Setiap pergerakan pesawat di seluruh dunia akan ditampilkan di peta ini secara real time dan terperinci.

Anda tinggal mencari pesawat yang ditumpangi teman atau kerabat anda pada rute tujuan yang dilewati. Dari ini anda dapat melihat tentang tipe pesawat, tujuan serta posisinya secara realtime.

Selain melihat posisi pesawat secara real time, melalui aplikasi ini anda juga bisa melihat berbagai aktivitas yang terjadi di bandar seperti jadwal kedatangan dan keberangkatan, status penerbangan, penerbangan yang mengalami delay, pesawat yang sudah mendarat dan kondisi cuaca di sebuah bandara.

Baca juga:  Prosedur Penerbangan Internasional Selama Masa Pandemi

Baca juga: Profesi Menarik Pada Dunia Penerbangan yang Perlu Anda Tahu

Data yang diberikan aplikasi ini sudah cukup lengkap, anda bisa mencari status sebuah penerbangan berdasarkan nama maskapai, nomor penerbangan dan bandara tujuan.

Sangat mudah bukan cara mengecek status penerbangan ini, jadi anda tidak perlu merasa khawatir secara berlebihan jika ada kerabat anda yang mengalami delay.

Anda periksa terlebih dahulu menggunakan aplikasi tracking pesawat ini untuk melihat kondisi terkini dari pesawat yang ditumpanginya. Jika diaplikasi ini tertulis pesawat masih dalam keadaan bergerak maka anda tidak perlu khawatir karena kerabat anda masih dalam posisi yang aman.

Ihsanush Shabri

Ihsanush Shabri adalah seorang penulis konten dan juga administrator ataupun pemilik daripada website iShabri.com

Leave a Comment