Profesi Menarik Pada Dunia Penerbangan yang Perlu Anda Tahu

ishabri.com Profesi Menarik Pada Dunia Penerbangan Sebuah pekerjaan di dunia penerbangan memang bukan hanya pilot dan pramugari saja. Tetapi juga terdapat banyak jenis profesi menarik dalam dunia penerbangan yang mana memberikan penawaran yang cukup menggiurkan untuk ditekuni. Bisa dibilang pilot dan pramugari memang menjadi magnet dariprofesi dalam dunia penerbangan.

Apakah Anda tahu jika dalam dunia penerbangan menawarkan cukup banyak profesi lain yang juga berperan penting di dalam kelancaran sebuah maskapai penerbangan?

Dalam dunia penerbangan memang menawarkan banyak profesi yang memberikan penghasilan sangat tinggi, namun tenu saja sebanding dengan resiko yang bisa saja dialami nantinya.

Dapat berkarir di sebuah dunia penerbangan merupakan sebuah kebanggaan tersendiri yang dapat dirasakan seseorang. Sebagian besar perusahaan berani untuk memberikan gaji yang cukup inggi. Bahkan juga diberikan beberapa gaji tambahan yang lainnya.

Selain gaji staff, maskapai penerbangan nantinya juga akan memperoleh kesempatan untuk dapat liburan secara gratis. Ada banyak jenis profesi yang dibutuhkan oleh sebuah maskapai penerbangan. Apa saja? Berikut adalah beberapa di antaranya:

Pilot

Mungkin saja banyak orang yang dulunya memiliki cita – cita sebagai seorang polot. Hal terseut karena profesi satu ini sangat menggiurkan. Namun memang tidak sembarang orang dapat menempati posisi satu ini.

Pilot ini sendiri merupakan seorang karyawan yang memiliki tugas untuk menerbangkan pesawat. Dimana untuk menerbangkan pesawat dibutuhkan keahlian khusus.

Baca juga: Menjadi Flight Attendant atau Pramugai Maskapai Penerbangan

Untuk menjadi seorang pilot, tentu saja harus memenuhi persyaratan tertentu. Berikut adalah beberapa persyaratannya:

  • Memiliki tinggi dan berat badan yang seimbang. Biasanya untuk pria 165 cm dan wanita 160 cm.
  • Harus paham akan pendidikan penerbangan, sehingga harus sekolah di bidang penerbangan terlebih dulu.
  • Memiliki sertifikasi pilot.
  • Mengumpulkan jam terbang untuk jenjang karir yang berikutnya.
Baca juga:  Apakah Boeing 737 Rawan Mati Mesin? Dampak Tidak Beroperasinya Pesawat selama Masa Pandemi

Marshaller Atau Juru Parkir Pesawat

Jika Anda mengira jika pesawat tidak memiliki tukang parkir, anggapan tersebut tentu saja salah besar.

Dalam Video ini adalah seorang Marshaller sedang Mendorong mundur Pesawar Berbadan besar Airbus A330

Karena pesawat sendiri juga membutuhkan orang yang dapat memberikan komando kepada pilot untuk dapat memarkirkan pesawat tersebut kerika pesawat mendarat serta masuk ke dalam wilayah landasan parkir. Peranannya sendiri sangat penting dan tidak sembarang orang bisa menjadi marshaller.

Menjadi seorang marshaller, memang membutuhkan beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dipenuhi. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Membutuhkan pendidikan khusus.
  2. Melalui tes tertulis, tes fisik dan tes interview untuk bisa mendapatkan aircraft marshaling license. Dimana diterbitkan otoritas penerbangan sipil Indonesia.
  3. Harus mendapatkan izin untuk menjadi peandu parkir pesawat yang berlaku selama 2 tahun dan harus diperpanjang saat masa aktif tersebut habis.

Teknisi Avionik

Profesi ini sendiri adalah seseorang yang mana melakukan perbaikan serta perawtan dari pesawat terbang. Namun berbeda dengan teknisi biasa yang mana lebih berfokus dengan komponen fisik dari pesawat. Sedangkan seorang teknisi avionik yang mana lebih berfokus dengan sistem elektronik kompleks.

Sama seperti profesi lain, tentu saja ada beberapa syarat yang harus diperhatikan, inilah beberapa di antaranya:

  1. Berusia minimal 18 tahun.
  2. Dapat membaca, menulis, berbicara serta mengerti bahasa Inggris secara fasih.
  3. Mendapatkan pengalaman praktis selama 18 bulan dengan pembangkit listrik ataupun airframes maupun pengalaman praktis selama 30 tahun yang mana mengerakan keduanya pada saat bersamaan.
  4. Lulus berbagai tes yang sudah dipersiapkan.

Flight Operations Officer / Pilot Darat

Mungkin saja sebagian dari Anda yang belum terlalu paham jika ada yang mengatur jalannya pesawat dari belakang, FOO ataupun pilot darat ini adalah seseorang yang memiliki tugas untuk mengontrol operasi penerbangan. Misalnya saja operation controller, flight following dan flight dispatcher. Tugasnya dilakukan dari sebelum keberangkatan sampai proses perjalanan pesawat.

Baca juga:  Mencari Tahu Apa Kegiatan Pramugari Selama Penerbangan, Ada Banyak?

Persyaratan untuk masuk ke dalam profesi ini, tentu saja harus paham akan dunia penerbangan, kemudian juga yang terpenting harus lulus semua tes yang diajukan. Ada beberapa tugas dari FOO ini, apa saja? Berikut di antaranya:

  1. Melihat performance pesawat, keseimbangan pesawat dan juga memperoleh bahan bakar yang paling ekonomis.
  2. Saat perjalanan pesawat, FOO memiliki tugas untuk menganalisa cuaca di bandara keberangkatan dan juga kedatangan yang mana ditentukan standar dari badan yang berwenang.
  3. Menganalisa notice to airman untuk dapat memastikan kondisi di bandara sepanjang rute penerbangan sampai pesawat hingga tujuannya.

Aircraft Maintenance Enginer / Teknisi Pesawat

Profesi satu ini memiliki tanggung jawab dengan kelayakan terbang suatu pesawat. Profesi tersebut merupakan satu – satunya petugas yang mempunyai kewenangan untuk dapat menyatakan pesawat tersebut siap terbang ataupun tidak.

Jika terjadi suatu kerusakan maupun masalah di dalam mesin pesawat, tentu saja menjadi tanggung jawab dari AME. Petugas tersebut bekerja sesuai dengan dokumen resmi kemudian selalu mencatat semua hal yang terdapat di dalam pesawat.

Tugasnya sendiri adalah mencatat semua hal yang ada di pesewat pada Aircraft Maintenance Log Book. Bahkan tak main – main, dimana seorang pilot harus patuh dengan AME jika pesawat tersebut dianggap tidak layak terbang.

Air Traffic Controller / Pemandu Lalu Lintas Udara

Pengaturan lalu lintas sebuah pesawat tentu saja tidak hanya di darat saja, melainkan juga di udara. ATC sendiri merupakan petugas yang mengatur lalu lintas udara, dimana memiliki kewenangan untuk mengatur lalu lintas pesawat agar pesawat satu dengan yang lain tidak terlalu dekat yang mana berpotensi terjadi sebuah tabrakan.

Seorang ATC juga perlu melihat pergerakan pesawat terbang tersebut melalui radar serta memberikan informasi kepada pilot dari data keadaan ataupun komunikasi suara tentang kondisi lalu lintas udara.

Baca juga:  Geliat Penerbangan Domestik Selama dan Pasca Pandemi

Baca juga: Air Asia Cancel Penerbangan dari dan ke Banda Aceh untuk Sementara Waktu

Untuk dapat menjadi seorang ATC tentu saja tidak mudah. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, inilah beberapa di antaranya:

  1. Harus cukup usia atau paling tidak sudah lulus pendidikan menjadi ATC.
  2. Harus mengikuti pendidikan khusus pada lembaga pendidikan yang mempunyai lisensi dari kementerian perhubungan.
  3. Benar – benar memahami semua hal yang berkaitan dengan bidangnya.
  4. Sudah memiliki lisensi dan izin untuk menjadi ATC.
  5. Yang paling penting adalah lolos dalam semua tes yang sudah dipersiapkan.

Aviation Security AVSEC / Keamanan Penerbangan

AVSEC sendiri merupakan seorang petugas yang mana bertanggung jawab dengan kenyamanan, kemudian keamanan dan juga keselamatan semua pengguna jasa penerbangan. Pengguna jasa penerbangan seperti penumpang, kemudian awak kabin dan juga semua yang ada pada bandara. Tidak hanya itu saja, namun juga menjaga prasarana yang ada pada bandara.

Menjadi seorang AVSEC sendiri membutuhkan beberapa hal, apa saja? Berikut di antaranya:

  1. Harus memiiki Surat Tanda Kecakapan Personil.
  2. Wajib memauhi prosedur regulasi Internasional ICAO.
  3. Selain itu tentu saja harus memenuhi semua yang dibutuhkan untuk menjadi AVSEC.

Pramugari / Flight Attendant

Selain itu ada profesi pramugari yang banyak diidamkan oleh orang – orang, terutama wanita. Hal tersebut karena memberikan gaji yang cukup besar dan bisa keliling Indonesia atau bahkan keliling dunia secara gratis.

Namun tentu saja harus memenuhi persyaratan tertentu. Dimana fisik dari pramugari harus bagus, berpenampilan menarik dan tentunya harus memiliki wawasan yang luas serta mampu berbahasa inggris aktif.

Jadi itulah beberapa jenis profesi yang ada dalam dunia penerbangan, jika Anda ingin menempati salah satunya, pastikan untuk memenuhi setiap persyaratannya. Jadi profesi mana yang Anda inginkan?

Ihsans Pages

Leave a Comment