Pergerakan Penerbangan di Bandara Soekarno Hatta Masa Pandemi

iShabri.com Pergerakan Penerbangan di Bandara Soekarno Hatta Masa Pandemi Industri penerbangan tanah air bergeliat bangkit seiring pemulihan ekonomi nasional akibat terdampak pandemi Covid-19. Pergerakan penerbangan di Bandara Soekarno Hatta telah berhasil mencapai 43,6% kapasitas penerbangan harian yang tercatat sebagai laju tertinggi selama pandemi berlangsung.

Pada Agustus 2020, bandara internasional ini memberlakukan penerbangan sejumlah 524 yang terbagi menjadi 1.200 penerbangan per hari. Tertanggal 14 Agustus, penumpang pesawat yang diberangkatkan dari bandara ini sejumlah 45.745 orang untuk penerbangan domestik dan luar negeri.

Peningkatan angka penumpang dan penambahan laju keberangkatan menandakan kemajuan signifikan pada industri penerbangan Nusantara. Dirut PT. Angkasa Pura menyampaikan salah satu faktor yang mendorong tingginya angka penerbangan yaitu masyarakat memanfaatkan long weekend.

Masyarakat Indonesia yang mulai membiasakan diri dalam situasi new normal sudah kembali beraktivitas, meskipun belum sepenuhnya masif. Dengan mengedepankan protokol kesehatan serta keamanan, bandara Soekarno-Hatta melayani penerbangan di tengah terpaan pandemi Covid-19.

Baca juga: Tahapan Penting Untuk Anda Yang Baru Pertama Kali Naik Pesawat

Pemulihan pola perjalanan dengan pesawat berdampak pada percepatan laju pergerakan penerbangan di Bandara Soekarno Hatta. Kepercayaan masyarakat kepada maskapai untuk melakukan penerbangan selama pandemi membangkitkan geliat transportasi udara dalam beroperasi.

Sebelumnya, di masa awal pandemi tercatat hanya ada sekitar 100 penerbangan saja setiap harinya. Itu pun berlaku untuk penerbangan domestik dan tidak mencakup seluruh tujuan bandara di Indonesia. Terhitung dari Mei hingga Juli 2020, setidaknya hanya ada 100—300 penerbangan harian.

Bandara Soekarno Hatta
Bandara Soekarno Hatta

Sebagai bentuk penyikapan atas lesunya pergerakan penerbangan yang berlangsung di Soekarno Hatta, Dirut PT. Angkasa Pura melakukan langkah-langkah pemulihan agar sektor penerbangan tidak berlarut dalam keterpurukan akibat pandemi yang belum dapat dipastikan kapan berakhinya.

Baca juga:  Aturan dan Panduan Naik Pesawat Di Masa New Normal

Kampanye safe travel terus disosialisasikan secara masif, sehingga masyarakat yang hendak bepergian dapat memberlakukan protokol kesehatan serta keamanan. Masyarakat pun tak harus takut ketika hendak bepergian, karena pihak penerbangan sendiri sudah menyediakan layanan optimal.

Baca juga: Pemerintah Lakukan Repatriasi WNI karena efek Corona

Meningkatnya angka pergerakan penerbangan di Bandara Soekarno Hatta perlu diimbangi dengan kesiapan pihak bandara dalam mendukung berlakunya new normal. Tak hanya kesiapan SDM, pun juga fasilitas yang menjamin keselamatan para penumpang selama memakai moda transportasi udara.

Ihsanush Shabri

Ihsanush Shabri adalah seorang penulis konten dan juga administrator ataupun pemilik daripada website iShabri.com

Leave a Comment