Aturan dan Panduan Naik Pesawat Di Masa New Normal

iShabri.com Aturan dan Panduan Naik Pesawat Di Masa New Normal Era kehidupan new normal adalah era hidup baru yang harus dijalani masyarakat di tengah masa pandemi ini. Ada banyak gaya hidup yang harus berubah seiring dengan datangnya era ini, termasuk saat bepergian. Anda harus memahami lebih dulu panduan naik pesawat di masa new normal ini.

Layanan transportasi, termasuk penerbangan memang sudah mulai dibuka. Namun tidak berarti semua kembali seperti sebelum adanya pandemi. Penumpang tidak bisa lagi bepergian dengan lebih leluasa, tanpa memahami dan menjalankan aturan yang sudah diterapkan.

Syarat dan panduan utama yang harus Anda ikuti agar bisa menikmati perjalanan dengan pesawat di masa pandemi adalah memiliki surat keterangan sehat dan bebas Covid-19. Surat keterangan ini hanya bisa didapatkan setelah Anda menjalankan serangkaian tes rapid dan swab.

Untuk informasi tambahan, surat keterangan sehat dan bebas Covid-19 ini hanya berlaku untuk satu orang saja. Surat keterangan sehat yang didapatkan dari hasil rapid tes hanya berlaku selama 3 hari. Sementara untuk PCR, surat keterangan tersebut berlaku untuk 7 hari.

Baca juga: Prosedur Penerbangan Internasional Selama Masa Pandemi

Aturan penerbangan juga menerapkan aturan pencegahan penyebaran virus Covid-19 secara umum. Diantaranya yang harus Anda ketahui adalah proses cek in dan pencetakan boarding pass yang hanya bisa dilakukan secara online.

Selain itu, calon penumpang juga harus menyiapkan APD sendiri. APD yang harus disiapkan itu terdiri dari 2 buah masker kain, 1 buah masker bedah, hand sanitizer, face shield dan tisu desinfektan sebanyak 2 sachet. APD ini dibutuhkan sebab tidak adanya tempat untuk sistem jaga jarak antar penumpang.

Usahakan untuk tidak menyentuh bagian wajah, terutama mulut, mata dan hidung. Pasyokan juga Anda teratur mencuci tangan, baik sebelum maupun setelah melakukan perjalanan. Jika dibutuhkan, Anda bisa membawa makanan dan minuman sendiri dari rumah.

Baca juga:  Layanan Penerbangan Komersial di Indonesia Sudah Mulai Dibuka

Panduan lebih jelas tentang aturan dan panduan penerbangan selama era new normal bisa Anda pelajari di bandara maupun di dalam kabin masing-masing penerbangan. Dengan menerapkan panduan naik pesawat di masa new normal ini, diharapkan penyebaran virus Covid-19 ini bisa dicegah.

Ihsanush Shabri

Ihsanush Shabri adalah seorang penulis konten dan juga administrator ataupun pemilik daripada website iShabri.com

Leave a Comment